Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kompresi File Gila-gilaan Menggunakan KGB Achiever

File kompress yang paling umum yang kita temui adalah ZIP dan RAR. Sedangkan Anda yang biasa di dunia Linux pasti mengenal juga file TAR.GZ dan 7Z, walaupun format ini tidak begitu umum digunakan di dunia per-Windows-an. Secara umum format file-file tersebut dapat dikatakan setingkat dalam proses kompresi karena hasilnya yang kurang lebih sama. Kecuali memang untuk 7Z yang hasilnya lebih baik dari yang lainnya.

Namun dari sekian banyak format kompresi yang sudah beredar di dunia perkomputeran, ternyata ada satu format kompresi yang dapat dikatakan fantastis yaitu KGB. Mengapa bisa dikatakan begitu? karena memang hasil kompresinya yang sangat di luar nalar (walau itu nyata). Bisa dibayangkan dengan menggunakan format KGB tersebut file installer Windows 7 yang ukurannya 3,6 GB bisa dikompres menjadi 11,6 MB saja. Bahkan yang lebih extreme lagi installer Windows Vista yang ukurannya hampir sama bisa dikompress menjadi 2 MB saja. Anda tidak percaya? Percayalah?

Namun kelemahan dari KGB adalah masalah waktu dan penggunaan sumber daya yang luar biasa besar. KGB  membutuhkan waktu yang sangat lama (bahkan bisa berhari-hari) untuk proses kompresinya, begitu pula untuk waktu dekompresinya. Sumber daya yang dipergunakan pun cukup besar, dari processor hingga memory. Jadi bagi mereka yang komputernya memiliki memory lebih kecil dari 512MB dan (apalagi) processor dengan kecepatan lebih rendah dari 1.5GB, saya rekomendasikan untuk tidak menggunakannya.

Tapi jika Anda tertarik mencoba atau hanya pingin membuktikan, silahkan Anda download sendiri KGB Achiever pada link berikut:


http://www.filecluster.com/downloads/KGB-Archiver.html

Semoga bermanfaat.

Previous
Prev Post
Next
Next Post
nurhamim86
nurhamim86 A Mathematics Teacher who also likes the IT world.

Post a Comment for "Kompresi File Gila-gilaan Menggunakan KGB Achiever"