Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membuat Partisi Baru pada Windows 7, 8, atau 10

Bagi Anda para pengguna Windows 7, 8, atau 10 yang ingin membuat partisi pada hard disk bukanlah hal yang sulit lagi. Pada Windows sendiri sudah disediakan tool yang dapat kita gunakan untuk membuat/menghapus/mengubah partisi. Memanipulasi partisi tidak hanya dapat dilakukan pada saat penginstalan saja tetapi bisa kita lakukan setelah kita menginstall Windows. Kita dapat memanipulasi partisi dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Buka tool dengan cara: Control Panel-->Administrative tool-->Computer Management-->Storage--> Disk Management.
  2. Membuat partisi baru

  3. Pertama kita tentukan dulu partisi mana yang akan kita bagi, kemudian klik kanan pada partisi tersebut. Pilih “Shrink Volume...”. Otomatis program akan melakukan Querying Shrink Space, tunggu hingga proses selesai. Maka akan muncul ukuran partisi yang dapat kita buat. Isilah “ Enter the amount of space to shrink in MB” dengan ukuran partisi yang kita inginkan. Perlu diingat pengisian tersebut tidak boleh melebihi ukuran yang terdapat pada “Size of available shrink space in MB”. Setelah itu kita dapat menekan tombol shrink.

  4. Membuat Label partisi

  5. Setelah proses di atas maka akan muncul partisi baru tetapi masih dalam bentuk free space. Untuk memformat dan memberi label, pada free space klik kanan pilih “New simple volume...”. Kita tinggal mengikuti wizard yang muncul dengan memberi nama drive dan nama label hingga finish. Partisi yang baru kita buat sudah jadi.

  6. Menggabung Partisi

  7. Pilihlan partisi yang akan kita tambah ukurannya, kemudian klik kanan dan pilih “Extend volume”. Akan muncul wizard, tentukan partisi mana yang akan kita gabung. Tunggu hingga selesai. Partisi yang baru akan terbentuk.


Penting:

  • Sebelum kita membuat partisi baru direkomendasikan untuk mendefrag hard disk lebih dahulu.
  • Backup data sebelum membuat partisi, terutama jika ingin menggabung partisi.

Semoga bermanfaat.

Previous
Prev Post
Next
Next Post
nurhamim86
nurhamim86 A Mathematics Teacher who also likes the IT world.

Post a Comment for "Membuat Partisi Baru pada Windows 7, 8, atau 10"