Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rumus Exel Sederhana untuk Menentukan Kelulusan Siswa SMP

Bagi kita yang mengajar di lingkungan SMP tentu sudah tahu tentang kriteria kelulusan yang yang sudah dirumuskan oleh pemerintah. Kelulusan itu ditentukan oleh nilai raport, nilai Ujian sekolah dan nilai Ujian nasional yang diselengggarakan oleh pemerintah pusat.

Salah satu kriterianya adalah bahwa siswa dapat lulus dari jenjang SMP dengan syarat Nilai Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA sekurang-kurangnya 4,00 untuk 2 mapel dari salah satu mapel tersebut dan rata-rata keempat mapel tersebut minimal 5,5. Untuk kriteria yang nain tentunya dapat Anda baca sendiri pada Permen dari Kemendikbud.

Dengan kriteria yang akan ribet tadi, sulit bagi kita untuk menentukan kelulusan siswa jika kita tidak menghitungnya manual. Tetapi dengan adanya Microsoft Exel sepertinya masalah ini dapat kita atasi dengan mudah tanpa harus menghitung satu persatu dan tanpa menghitung hal-hal yang tidak penting. Karena itu semua sudah disediakan oleh Exel sendiri.

Berikut ini saya bagikan rumus yang sederhana yang dapat membantu kita dalam menentukan kelulusan peserta didik kita, terutama bagi Anda guru SMP.

Andaikan Anda memasukkan nilai Bahasa Indonesia pada sel A2, nilai Bahasa Inggris pada sel B2, nilai Matematika pada sel C2, dan nilai IPA pada sel D2, maka pada sel E2 dapat Anda copy rumus berikut:

=IF(OR(OR(A2<0;A2>10);OR(B2<0;B2>10);OR(C2<0;C2>10);OR(D2<0;D2>10));"Entry Salah";IF(OR(OR(A2<4;B2<4;C2<4;D2<4);AVERAGE(A2:D2)<5.5;COUNTIF(A2:D2;4)>2);"Tidak lulus";"Lulus"))

Yang perlu diperhatikan ada kalanya pada Exel, tanda ";" diganti "," sesuai dengan format awalnya. Untuk kriteria "Lulus" atau "Tidak lulus" bisa Anda ganti dengan kata yang lain.

Demikian dari saya, Anda memiliki rumus yang lebih baik mohon masukannya.
Semoga bermanfaat.....
Previous
Prev Post
Next
Next Post
nurhamim86
nurhamim86 A Mathematics Teacher who also likes the IT world.

Post a Comment for "Rumus Exel Sederhana untuk Menentukan Kelulusan Siswa SMP"