Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Virtualisasi Operating System dengan Menggunakan VM Oracle VirtualBox



Yang dimaksud dengan virtualisasi di sini adalah kita bisa menjalankan 2 buah Operating System (OS) secara bersamaan pada satu mesin atau satu komputer tanpa harus menambahkan hardware apapun. Kita  hanya membutuhkan sofware/aplikasi Mesin Virtual (VM) yang dapat kita peroleh secara gratis. Salah satu mesin virtual yang populer adalah VirtualBox milik Oracle. Kita dapat mendownloadnya secara langsung dan cuma-cuma pada website resminya di alamat berikut : https://www.virtualbox.org/. 

Dengan menggunakan VirtualBox maka pada saat kita menjalankan OS Windows 7 misalnya, pada saat yang sama kita juga menjalankan OS Linux semisal  Ubuntu atau OS Windows XP. Kita bisa menjajal OS yang baru atau yang belum familiar dengan Virtual Box tanpa harus menginstallnya terlebih dahulu pada komputer/laptop kita. Jika kita ingin menghapus tinggal uninstall dengan VirtualBox tanpa mengganggu OS yang sudah ada.

VirtualBox juga mendukung banyak sekali OS yang ada di dunia, dari keluarga Windows, Keluarga linux sampai Mac OS, bahkan sampai OS yang mungkin belum kita kenal sekalipun.
Anda ingin mencobanya caranya berikut:

  • Unduh dulu aplikasinya pada alamat berikut :  https://www.virtualbox.org/wiki/Downloads.
  • Pilih OS yang akan kita gunakan untuk menginstall VirtualBox. Disitu terdapat 4 pililah yaitu dari Windows, Mac, Linux dan Solaris. Khusus untuk Linux dilanjutkan dengan memilih distro yang sesuai.
  • Kemudian install pada Komputer Anda.
  • Untuk menjalankan OS tertentu maka kita harus punya dulu Installernya pada CD/DVD atau bisa juga dalam bentuk file ISO.
  • Untuk memulainya tinggal Klik "Baru" kemudian ikuti langkah selanjutnya melalui Wizard yang ada.
Semoga bermanfaat....
Previous
Prev Post
Next
Next Post
nurhamim86
nurhamim86 A Mathematics Teacher who also likes the IT world.

Post a Comment for "Virtualisasi Operating System dengan Menggunakan VM Oracle VirtualBox"