Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips MS Excel : Cara Memproteksi/ Memberikan password pada Sheet Excel

Ada kalanya dokumen yang kita buat diharuskan untuk tidak dapat diubah-ubah oleh orang lain yang melihat, dengan alasan keamanan tentunya atau mungkin agar rumus yang sudah kita buat tidak berubah. Salah satu cara yang paling sederhana adalah dengan menambahkan password pada dokumen tersebut. Dengan pasword ini hanya kita atau orang yang berhak saja yang dapat mengubah dokumen tersebut.

Mungkin ini tips yang jadul dan saya yakin sudah banyak yang tahu, tapi minimal bisa untuk menambah ingatan kita jika kita lupa. Berikut cara yang dapat kita lakukan:

  1. Langkah pertama adalah masuk pada sheet yang akan kita password. Masuk pada Tab Home ---> Format ---> Protect Sheet.



  2. Akan muncul jendel berikut. Masukkan password yang kita inginkan. Untuk setting lebih lanjut Anda bisa centang pada bagian bawahnya untuk menyetting apa yang bisa dilakukan oleh pengguna. Klik OK untuk menerapkannya.


  3. Setelah berhasil, maka setiap kali kita ingin mengedit, menambahkan, atau mengurangi atau menghapus sesuatu pada sheet akan muncul peringatan.
  4. Untuk dapat mengedit tinggal masukkan password seperti langkah di atas.

Semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan atau masalah silakan untuk corat-coret pada kolom komentar.

Previous
Prev Post
Next
Next Post
nurhamim86
nurhamim86 A Mathematics Teacher who also likes the IT world.

Post a Comment for "Tips MS Excel : Cara Memproteksi/ Memberikan password pada Sheet Excel"