Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Excel : Cara Memisahkan Text Kalimat pada Kolom yang Berbeda

Tips/tutorial berikut ini mungkin sangat berguna bagi kita yang biasa berkutat dengan data yang banyak semisal database pegawai atau database siswa. Tips ini berguna jika kita ingin memisahkan suatu text pada suatu sel menjadi beberapa bagian pada sel yang berbeda. Misalnya kita memiliki data text Tempat Tanggal Lahir (TTL) "Semarang, 12 Juli 2010" pada suatu sel. Padahal kita menginginkan data tersebut terpisah antara Tempat dan tanggal lahirnya menjadi "Semarang" dan "12 Juli 2010". Dengan tips/tutorial berikut ini maka masalah yang muncul mudah untuk kita tangani. Jadi tidak perlu kita harus membuat kolom baru kemudian copy paste data satu persatu.

Untuk dapat memisahkan text tersebut kita cuma perlu untuk mengetahui pemisah yang digunakan pada data text tersebut. Bisa menggunakan tanda titik (.), tanda koma (,), spasi, atau tanda yang lain, tergantung data yang sudah ada.

Langsung saja berikut ini caranya:


  1. Blog pada text yang akan kita pisahkan. Misalnya "AKU CINTA KAMU". Pada contoh tersebut kata dipisahkan dengan spasi.
  2. Klik Tab Data ---> Text to Columns. Akan muncul jendela baru untuk step 1, klik/pilih Delimited kemudian next.
  3. Pada step 2 klik/pilih Space. Kita pilih space karena pada text tersebut dipisahkan spasi untuk per katanya. Jika kalimat/text tersebut dipisahkan oleh tanda lain tinggal kita sesuaikan pada pilihan yang ada, atau bila masih tidak ada maka tinggal pilih Others kemudian ketik tandanya. Next
  4. Pada step 3 kita tinggal pilih format yang kita inginkan setelah data text tersebut dipisah. Kita bisa memilih general, text, date atau yang lainnya. kemudian dilanjutkan dengan klik tombol finish dan selesai.
  5. Jika langkah tersebut benar maka hasil yang terjadi adalah terdapat 3 kata pada kolom yang berbeda yaitu "AKU", "CINTA", dan "KAMU".
Semoga tutorial bisa bermanfaat. Jika ada kesalahan mohon untuk dikoreksi. Terima kasih
Previous
Prev Post
Next
Next Post
nurhamim86
nurhamim86 A Mathematics Teacher who also likes the IT world.

Post a Comment for "Tips Excel : Cara Memisahkan Text Kalimat pada Kolom yang Berbeda"