Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menonaktifkan/ Disable Klik Kanan Pada Blogspot

Tutorial kali ini dapat Anda gunakan untuk meminimalisir praktek-praktek plagiatisme, walaupun sebenarnya hak cipta itu milik Tuhan semata. Namun bagi Anda yang memasang artikel pada blog dengan tujuan berbagi ilmu dan sekaligus beramal, tentu copy paste artikel bukanlah hal yang Anda larang tentunya.

Jika Anda berniat untuk memproteksi hak-hak intelektual agar tidak dijiplak oleh pihak lain tanpa ijin, tutorial berikut ini mungkin akan berguna. Setelah tutorial ini dipraktekkan pada blog Anda maka fungsi klik kanan pada blog akan menjadi disable. Jadi kita tidak dapat mengcopy artikel pada blog dengan menggunakan klik kanan. Jika ingin mengcopy kita dapat menggunakan Ctrl + C sebagai alternative.

Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke dashboard blogger Anda.
  2. Masuk pada Tata Letak.
  3. Kemudian Tambah Gadget.
  4. Pilih Gadget HTML/JavaScript.
  5. Copy kode berikut kemudian disimpan.

  6. <script language="JavaScript"> <!--  var message="Maaf!! Dilarang Copy-Paste";  function clickIE4(){ if (event.button==2){ alert(message); return false; } }  function clickNS4(e){ if (document.layers||document.getElementById&&!document.all){ if (e.which==2||e.which==3){ alert(message); return false; } } }  if (document.layers){ document.captureEvents(Event.MOUSEDOWN); document.onmousedown=clickNS4; } else if (document.all&&!document.getElementById){ document.onmousedown=clickIE4; }  document.oncontextmenu=new Function("alert(message);return false")  // --> </script>

  7. Kode yang tercetak merah adalah kalimat yang muncul jika kita klik kanan. Anda dapat mengganti kata tersebut dengan kata yang lain sesuai keinginan.

Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

Previous
Prev Post
Next
Next Post
nurhamim86
nurhamim86 A Mathematics Teacher who also likes the IT world.

Post a Comment for "Cara Menonaktifkan/ Disable Klik Kanan Pada Blogspot"