Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menambahkan komentar (comment) Facebook pada Blogspot

Sudah menjadi hal yang wajib bahwa yang namanya blog itu pasti memiliki kotak komentar. Karena sejatinya suatu blog itu adalah interaksi antara blogger dengan para pembacanya. Dengan adanya kotak kometar maka interaksi itu dapat kita lakukan.

Pada blogspot sendiri sebenarnya sudah terdapat fasilitas untuk komentar, yaitu pada bagian paling bawah dari postingan. Namun demikian, kadang kita dibuat agak ribet dengan jika kita ingin memberikan suatu komentar karena kita harus memiliki akun dulu sebelum berkomentar. Padahal belum tentu memiliki akun tersebut.

Untuk mengatasi kekurangan tersebut dan tentunya untuk mempermudah para komentator dalam berkomentar kita bisa juga menggunakan plugin komentar dari pihak lain. Salah satu yang mungkin paling mudah adalah dengan memasang komentar dari facebook. Alasannya adalah hampir semua orang sudah memiliki akun facebook dan jika kita sudah login sebelumnnya maka tidak perlu untuk login lagi jika ingin berkomentar. Kotak komentar tersebut kira-kira seperti gambar berikut:



Untuk memasang kotak komentar tersebut pada blog kita bukanlah hal yang sulit. Kita hanya perlu memiliki akun facebook dan blog tentunya. Untuk lebih jelasnya berikut ini langkah-langkahnya.

  1. Pertama kita harus membuat pluginnya dulu pada facebook. Login dulu pada facebook kemudian masuk ke alamat berikut: https://developers.facebook.com/docs/reference/plugins/comments/.
  2. Setelah masuk pada alamat tersebut, tinggal kita isi alamat blog, lebar plugin, jumlah komentar yang akan ditampilkan kemudian klik pada tombol “get code” untuk mendapatkan kodenya.


  3. Akan muncul dua buah kode yang harus kita pasang nantinya. Pastikan pilih kode untuk “HTML5”.


  4. Setelah kedua kode tersebut muncul, silahkan copy dulu ke notepad atau word. Kemudian masuk ke dasboard blogger ---> Template ---> Edit HTML.
  5. Carilah Kode </head> pada kode tersebut. untuk mempermudah Anda bisa menggunakan Ctrl + F. Setelah ketemu paste kode yang pertama tadi dibawah kode </head>.
  6. Untuk kode yang kedua silahkan letakkan di atas kode </b:includable>. Untuk pencariannya bisa menggunakan cara di atas.
  7. Untuk yang terakhir, copy kode berikut ini : <meta property="fb:admins" content="id fb anda"/> di bawah kode <head>. Ganti "id fb anda" dengan kode Facebook Anda.
  8. Untuk mencari kode ID Facebook Anda bisa dengan menggunakan tautan berikut : https://graph.facebook.com/username. Ganti username dengan username Anda, kemudian copy pada browser untuk melihat hasilnya.
  9. Setelah semua ketiga kode tersebut dimasukkan, tinggal klik simpan untuk menyimpan kode tersebut.
  10. Sampai di sini tutorial ini berakhir.

Semoga bermanfaat.

Previous
Prev Post
Next
Next Post
nurhamim86
nurhamim86 A Mathematics Teacher who also likes the IT world.

Post a Comment for "Menambahkan komentar (comment) Facebook pada Blogspot"