Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membuat Recovery Drive untuk Mengatasi Windows 8 yang Bermasalah


Tips ini bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah pada start up Windows 8. Masalah itu biasanya karena MBR yang rusak atau tertutupi oleh OS lain (terutama jika Anda pernah menginstal dual booting dan ingin kembali ke single booting)  atau mungkin masalah-masalah yang lain.

Fasilitas Recovery Drive ini memang sudah disediakan oleh Windows 8 sendiri. Untuk dapat menggunakanya, Anda tinggal membuka Control panel ---> Recovery. Untuk mulai membuatnya kita tinggal klik create a Recovery drive pada bagian Recovery di Control Panel. Selanjutnya akan muncul Wizard untuk memulai pembuatan Recovery Drive tersebut. Kita tinggal klik next, next dan next sampai selesai.

Untuk membuat recovery drive tersebut kita memang harus menyediakan flash disk untuk menyimpan data file recovery. Oleh karena itu sebelum kita membuat recovery maka harus menyediakan flash disk yang kosong terlebih dahulu. Namun jangan kuatir, karena ternyata file recovery berukuran kecil. Jadi kita bisa menggunakan flash disk yang kapasitasnya tidak terlalu besar.

Jika Windows 8 kita mendapatkan masalah sehingga tidak bisa booting atau bootingnya tidak normal, kita bisa menggunakan file recovery yang sudah kita buat tadi. Caranya adalah dengan mengubah urutan booting dari flash disk menjadi yang pertama.

Semoga bermanfaat….

Previous
Prev Post
Next
Next Post
nurhamim86
nurhamim86 A Mathematics Teacher who also likes the IT world.

Post a Comment for "Membuat Recovery Drive untuk Mengatasi Windows 8 yang Bermasalah"