Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penggunaan Lowercase, Propercase, dan Uppercase pada MS Excel

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba berbagi pengetahuan tentang pengaturan penulisan text pada MS Excel. Bagi para ahli bidang Excel tentu ini bukanlah hal yang penting. Tapi ijinkahlah saya untuk bisa berbagi, terutama bagi yang belum pernah menggunakan.

Pengaturan penulisan text pada MS Excel sedikit berbeda dibandingkan penggunaan MS Word. Jika pada Word kita bisa langsung mengubah penulisan dari lower (tulisan kecil semua), proper (tulisan dengan huruf depan kapitas dan belakang kecil), atau upper (tulisan kapital semua) hanya dengan menggunakan dua tombol saja (Shift + F3), maka pada MS Excel agak sedikit rumit.

  1. Untuk penulisan huruf kecil semua kita bisa menggunakan rumus "=LOWER()".
  2. Untuk penulisan huruf kapital semua kita bisa menggunakan rumus "=UPPER()".
  3. Untuk penulisan huruf depan saja yang kapital kita bisa menggunakan rumus "=PROPER()".

Bagian dalam kurung diisi dengan text yang akan kita ubah atau alamat sel. Sebagai contoh bisa dilihat pada gambar berikut:



Oh iya, sebagai tambahan penggunaan rumus ini biasa digunakan jika kita sudah terlanjur mengetik atau memang kita ingin mengedit suatu text pada MS Excel. Jika kita mengetik file baru yang kita bisa langsung mengetik sesuai yang kita inginkan sejak awal.

Sekian saja, semoga bermanfaat. Terima kasih.

Previous
Prev Post
Next
Next Post
nurhamim86
nurhamim86 A Mathematics Teacher who also likes the IT world.

Post a Comment for "Penggunaan Lowercase, Propercase, dan Uppercase pada MS Excel"