Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menampilkan Widget pada Template Seluler Blogspot

Latar Belakang

Dengan pesatnya penggunaan perangkat smartphone akhir-akhir ini mau tidak mau sangat mempengaruhi perilaku masyarakat dalam berinternet. Yang dulunya didominasi penggunaan komputer dan laptop dalam berselancar, sekarang masyarakat sudah mulai beralih menggunakan smartphone. Untuk itu, sekarang sebuah blog atau website dituntut untuk bisa dibuka pada perangkat seluler dengan baik atau mobile friendly.

Salah satu permasalahan yang muncul adalah tidak semua yang kita buat pada sebuah blog atau web akan muncul juga saat kita buka dengan peralatan seluler. Salah satu contohnya adalah widget. Secara default pada blogspot, template seluler akan menghilangkan widget yang kita buat. Terus bagaimana kita bisa menampilkan widget pada template seluler?


Menampilkan Widget pada Template Seluler

Tampilan template bawaan dari blogspot memang terkesan sangat sederhana. Yang ditampilkan pada versi seluler hanya postingan saja sehingga kurang menarik. Tapi tenang! Semua bisa kita atur. Ternyata sangat sederhana saja.

  1. Pertama, masuk ke dasboard blogger kemudian masuk ke theme. Dilanjutkan klik "Edit HTML" untuk mengubah kode HTML pada bagian widget


  2. Untuk mempermudah pencarian kode HTML tersebut kita bisa melakukan pencarian dengan "Ctrl + F" atau bisa juga dengan menggunakan tombol "Lompat ke Widget" pada bagian atas kode.


  3. Setelah menemukan kode yang kita cari tinggal kita tambahkan mobile='yes'" untuk menampilkan pada komputer dan smatphone atau "mobile='only'" untuk menampilkan hanya pada smartphone saja pada kode tersebut. Contohnya adalah sebagai berikut. Kode awal <b:widget id='PopularPosts2' locked='false' title='Popular Posts' type='PopularPosts' version='1'>. Kode widget Populer Posts ditambah kode "mobile='yes'" menjadi <b:widget id='PopularPosts2' locked='false' mobile='yes' title='Popular Posts' type='PopularPosts' version='1'>
  4. Simpan kode tersebut dengan menekan "Simpan Tema".
  5. Untuk bisa mengaktifkan perubahan tadi, setelah menyimpan maka dilanjutkan dengan setting pada tema seluler. Pilih "ya" dan pilih tema dengan tema "khusus".

  6. Sampai di sini sudah selesai dan tinggal tes hasilnya dengan membuka situs dengan smartpone atau dengan menggunakan pratinjau.

Demikian selamat mencoba, semoga berhasil

Previous
Prev Post
Next
Next Post
nurhamim86
nurhamim86 A Mathematics Teacher who also likes the IT world.

Post a Comment for "Cara Menampilkan Widget pada Template Seluler Blogspot"