Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Menggunakan Rumus Matematika (LaTeX) pada Blogspot dengan MathJax dan Mathtype

Apa itu LaTeX?

LaTeX merupakan bahasa pemograman untuk penulisan standar notasi matematika. LaTeX memiliki kemampuan yang sangat baik dalam menghasilkan dan menampilkan notasi dan rumus matematika. Dengan kemampuannya tersebut LaTeX sering digunakan pada penulisan jurnal ilmiah seperti jurnal matematika, statistika, fisika, teknik, komputer dan lain-lain.

Pada Blog atau Situs yang berkaitan dengan matematika, fisika, kimia atau bidang lain yang terkait dengan rumus-rumus, penggunaan LaTeX sangat penting dan mutlak diperlukan. Karena dengan pengunakan LaTeX rumus-rumus akan terlihat lebih rapi dan sesuai dengan kaidah penulisan yang benar. Sebagai contoh, Anda bisa melihatnya pada Blog ini.


Apa itu MathJax?

Untuk menggunakan Bahasa LaTeX pada Blogspot, kita tidak serta merta langsung bisa menggunakannya karena memang untuk saat ini Blogspot belum mendukung bahasa LaTeX sepenuhnya, terkecuali jika anda menggunakan Worddpress. Untuk bisa menggunakan bahasa LaTeX pada Blogspot kita membutuhkan MathJax.

MathJax sendiri merupakan pustaka (library) javascript untuk menampilkan (render) hasil kode LaTeX, MathML, dan Notasi AsciiMath ke dalam HTML. MathJax diklaim dapat bekerja di semua browser yang ada sekarang ini. Untuk dapat menggunakan MathJax, kita tinggal pasang kode Javascript berikut pada blogspot dengan meletakkannya setelah kode <head>.

<script>
MathJax = {
  tex: {
    inlineMath: [['$', '$'], ['\\(', '\\)';]]
  },
  svg: {
    fontCache: 'global'
  }
};
</script>
    <script src='https://polyfill.io/v3/polyfill.min.js?features=es6'/>
<script async='async' id='MathJax-script' src='https://cdn.jsdelivr.net/npm/mathjax@3/es5/tex-mml-chtml.js'/>

Apa itu Mathtype?

Setelah kita memasang MathJax pada blog, maka selanjutnya kita membutuhkan aplikasi yang dapat membantu kita untuk membuat skript LaTeX yang nantinya dipasang pada postingan. Sebenarnya sintak dari LaTeX bisa kita pelajari, namun karena sintaknya cukup banyak akan menambah pusing juga. Apalagi jika rumus yang ingin kita gunakan cukup kompleks. Untuk masalah itu kita membutuhkan aplikasi Mathtype. Aplikasi ini cukup lengkap dan sangat direkomendasikan bagi yang masih awam dengan sintak LaTeX.


Menggunakan Mathtype

Cara kerja Mathtype cukup sederhana, kita ketik rumus di Mathtype kemudian tinggal copy paste pada blog. Tampilan aplikasinya sebagai berikut:



Setting sederhana perlu kita lakukan agar bisa untuk copy paste kode LaTeX. Yang pertama mengubah hasil paste nantinya adalah kode LaTeX,yaitu dengan mengubah settingan pada Tab Preferences $ \Rightarrow $ Cut and Copy Preferences. Pada jendela yang muncul pilih MathML or TeX, kemudian pilih lagi LaTeX 2.09 and later dan hilangkan semua tanda centang di bawahnya. Yang kedua, jika kita ingin menyisipkan rumus secara inline, settingannya bisa dilihat pada Tab Format. Untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar berikut:



Setelah settingan Mathtype diubah, maka kita siap untuk membuat rumus pada Mathtype dan kemudian dipasang pada blog. Secara umum cara menggunakan aplikasi tersebut sama seperti Equation pada Word.

Demikian penjelasan singkat tentang penggunaan rumus Matematika pada blogspot. Jika ada pertanyaan silakan corat-coret pada kolom komentar. Terima kasih

Previous
Prev Post
Next
Next Post
nurhamim86
nurhamim86 A Mathematics Teacher who also likes the IT world.

5 comments for "Menggunakan Rumus Matematika (LaTeX) pada Blogspot dengan MathJax dan Mathtype"