Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuka/ Menghilangkan Password MS Excel

Tutorial ini berguna untuk membuka password pada MS Excel, bisa Excel 2007, 2010, 2013, 2016 atau yang terbaru 2019. Dengan menggunakan cara ini kita bisa menghilangkan password yang dipasang sebelumnya. Jika password diberlakukan per sheet, maka kita bisa menghilangkan passwordnya untuk tiap sheet-nya juga. Kita hanya menggunakan kode Visual Basic yang kita buat pada macro, jadi lebih aman karena tidak melibatkan aplikasi yang mungkin berbahaya.

Tetapi perlu diingat cara ini bisa dilakukan jika memang kita terpaksa dan jangan digunakan untuk melanggar hak cipta orang lain.

Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut

  1. Buat macro baru dengan cara membuka pada tab "View" kemudian klik pada "Macro" dilanjutkan pilih "View Macros".


  2. Pada jendela "Macro" yang muncul isi "Macro Name" dengan nama sembarang terlebih dahulu kemudian klik tombol "Create".


  3. Akan muncul jendela "Visual Basic".


  4. Pada jendela "book 1 - modul 1" pastekan kode berikut ini:
  5. Sub InternalPasswords() Dim i As Integer, j As Integer, k As Integer Dim l As Integer, m As Integer, n As Integer Dim i1 As Integer, i2 As Integer, i3 As Integer Dim i4 As Integer, i5 As Integer, i6 As Integer On Error Resume Next For i = 65 To 66: For j = 65 To 66: For k = 65 To 66 For l = 65 To 66: For m = 65 To 66: For i1 = 65 To 66 For i2 = 65 To 66: For i3 = 65 To 66: For i4 = 65 To 66 For i5 = 65 To 66: For i6 = 65 To 66: For n = 32 To 126 ActiveWorkbook.Unprotect Chr(i) & Chr(j) & Chr(k) & _ Chr(l) & Chr(m) & Chr(i1) & Chr(i2) & Chr(i3) _ & Chr(i4) & Chr(i5) & Chr(i6) & Chr(n) ActiveSheet.Unprotect Chr(i) & Chr(j) & Chr(k) & _ Chr(l) & Chr(m) & Chr(i1) & Chr(i2) & Chr(i3) _ & Chr(i4) & Chr(i5) & Chr(i6) & Chr(n) If ActiveWorkbook.ProtectStructure = False Then If ActiveWorkbook.ProtectWindows = False Then If ActiveSheet.ProtectContents = False Then Exit Sub End If End If End If Next: Next: Next: Next: Next: Next Next: Next: Next: Next: Next: Next End Sub
  6. Simpan kode di atas dengan memencet tombol save pada jendela "Visual Basic" tersebut kemudian ditutup. Sampai di sini pembuatan macro sudah selesai.

Untuk mengoperasikan macro tersebut caranya sama seperti langkah awal tadi, pada tab "View" kemudian klik pada "Macro" dilanjutkan pilih "View Macros". Akan muncul jendela "Macro", pilih "Macro name" sesuai yang muncul pada jendela. Terakhir tinggal klik tombol "Run".



Jika langkahnya benar, setelah klik tombol "Run" alias menjalankan macro tersebut maka password pada Excel tersebut akan terhapus.

Demikian, semoga bermanfaat

Previous
Prev Post
Next
Next Post
nurhamim86
nurhamim86 A Mathematics Teacher who also likes the IT world.

Post a Comment for "Cara Membuka/ Menghilangkan Password MS Excel"