Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Mudah Mengetahui Kode Warna dengan Mozilla Firefox

Suatu ketika saya membuka sebuah situs populer untuk membaca berita teraktul. Berita pada situs tersebut memang sangat menarik dan layak untuk dibaca. Tetapi sebagai seorang yang senang untuk otak-atik template blog, mata saya tertuju pada pilihan warna situs yang kelihatan menarik, rapi, dan enak dipandang. Usut punya usut, saya tertarik pilihan warna situs tersebut untuk diterapkan pada blok saya. 

Masalah baru muncul ketika saya kebingungan untuk menentukan kode warna yang digunakan pada situs tersebut. Dengan hanya bermodal try and error ternyata membutuhkan waktu yang lama dan hasil pilihan warnanya ternyata meleset. Dengan bantuan situs sekelas Wikipedia pun masih kesulitan karena kode warna situs tersebut juga tidak ada pada database Wikipedia. 

Akhirnya langkah terakhir yang bisa saya lakukan adalah dengan bertanya kepada Mbah Google yang katanya hampir tahu segalanya. Ada dua cara yang mungkin saya anggap paling simpel dan mudah dilakukan. Pertama dengan menggunakan bantuan aplikasi yang sudah sangat familiar yaitu Photoshop. Masalahnya belum tentu semua orang punya aplikasi tersebut dan kalaupun sudah punya banyak juga yang masih jarang menggunakannya. Cara kedua adalaha dengan menggunakan browser langsung, yaitu dengan menggunakan Mozilla Firefox. Diantara kedua cara tersebut, cara kedua saya anggap paling mudah dilakukan.

Agar pengetahuan yang baru saya dapat tidak hilang begitu saja dan mungkin mungkin bisa berguna juga bagi orang lain, maka saya memberanikan diri untuk berbagi lewat postingan ini. Harapannya kalau ada yang menemui masalah sama seperti yang saya alami bisa terpecahkan.

Berikut ini saya berikan contoh langsung agar mudah dipahami

1. Semisal kita ingin mengetahui kode warna biru yang digunakan untuk icon Facebook. Langkah pertama yang dilakukan adalah dengan membuka alamat situs Facebook atau bisa juga lewat Wikipedia. Pada contoh ini saya menggunakan Wikipedia.

2. Setelah halaman situs terbuka secara penuh, Pada tempat manapun pada situs klik kanan, kemudian klik Inspect Element (Q).


3. Pada bagian bawah halaman akan muncul jendela Inspector. Tampilannya seperti gambar berikut.



4. Untuk menentukan kode warna pada bagian apapun pada situs kita bisa menggunakan gambar pipet pada bagian kanan atas tab Inspektor.



5. Setelah gambar pipet kita klik, tinggal menggeser cursor/mouse untuk mencari kode warna yang kita inginkan.



6. Tinggal catat saja kode warna tersebut. Misalnya pada Gambar di atas kode warna untuk icon Facebook adalah #385999, dan tinggal gunakan kode warna tersebut.

Ternyata sangat mudah bukan? Dengan cara ini kita tidak akan salah warna jika ingin membuat icon yang sudah familiar.

Demikian saja corat-coretnya, semoga bermanfaat

Previous
Prev Post
Next
Next Post
nurhamim86
nurhamim86 A Mathematics Teacher who also likes the IT world.

Post a Comment for "Langkah Mudah Mengetahui Kode Warna dengan Mozilla Firefox"