Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membandingkan dan Mengurutkan Bilangan Bulat

Konsep Bilangan Bulat

Dalam pelajaran Matematika, kita pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah "bilangan". Bilangan merupakan suatu konsep matematika yang memberikan nilai jumlah terhadap sesuatu yang dihitung. Hal ini yang membuat bilangan digunakan dalam pengukuran dan pencacahan. Suatu bilangan punya yang namanya simbol atau lambang. Simbol ini biasa kita sebut dengan istilah "angka".

Bilangan bulat bukan berarti kumpulan atau himpunan bilangan yang bentuknya bulat, ya. Tapi, nilainya yang bulat. Bilangan bulat terdiri dari bilangan cacah dan bilangan bulat negatif. Himpunan bilangan bulat dalam matematika dilambangkan dengan $Z$. Lambang ini berasal dari bahasa Jerman, yaitu Zahlen yang berarti bilangan. Bilangan cacah sendiri merupakan himpunan bilangan yang terdiri dari bilangan nol dan bilangan bulat positif. Bilangan bulat positif bisa juga disebut sebagai bilangan asli, merupakan himpunan bilangan bulat yang bernilai positif. Sementara itu, bilangan bulat negatif merupakan himpunan bilangan bulat yang bernilai negatif.

Nilai Angka Suatu Bilangan

Pada bilangan terdiri dari angka-angka penyusun, baik positif maupun negatif. Bagaimana menentukan nilai angka pada sebuah bilangan? Perhatikan dan pelajari penjelasan berikut! Semua bilangan positif dan bilangan negatif angka-angka penyusunnya adalah angka $0$, $1$, $2$, $3$, $4$, $5$, $6$, $7$, $8$ dan $9$.

Contoh:

  • Bilangan $9$ “dibaca sembilan” tersusun dari angka 9 saja.
  • Bilangan $15$ “dibaca lima belas” tersusun dari angka 1 dan 5.
  • Bilangan $248$ “baca dua ratus empat puluh delapan” tersusun dari angka 2, 4 dan 8.
  • Bilangan $3.927.456$ “dibaca tiga juta sembilan ratus dua puluh tujuh ribu empat ratus lima puluh enam” tersusun dari angka 2, 3, 4, 5, 6, 7, dan 9.

Sekarang perhatikan gambar berikut yaitu nilai angka pada bilangan 3.927.456!

Atau jika dinyatakan dalam bentuk tabel sebagai berikut:

Membandingkan Bilangan Bulat

Membandingkan bilangan bulat berarti menentukan apakah suatu bilangan bulat memiliki nilai lebih besar, lebih kecil, atau sama dengan bilangan bulat yang lain. Dalam membandingkan bilangan bulat, kita bisa menuliskannya menggunakan lambang-lambang berikut ini:

Misalkan, a dan b merupakan bilangan bulat.

  • Jika a lebih besar dari b, maka bisa ditulis a > b
  • Jika a lebih kecil dari b, maka bisa ditulis a < b
  • Jika a sama dengan b, maka bisa ditulis a = b

Mengurutkan Bilangan Bulat

Mengurutkan bilangan bulat berarti menuliskan bilangan bulat tersebut secara urut dari nilai terkecil ke nilai terbesar atau sebaliknya. Pada garis bilangan, semakin ke kanan letak suatu bilangan, maka nilainya akan semakin besar. Sebaliknya, semakin ke kiri letak suatu bilangan, nilainya akan semakin kecil.

Previous
Prev Post
Next
Next Post
nurhamim86
nurhamim86 A Mathematics Teacher who also likes the IT world.

Post a Comment for "Membandingkan dan Mengurutkan Bilangan Bulat"