Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Submit Sitemap/Peta Situs Blog Anda pada Webmaster Google



Apakah yang kita lakukan setelah kita membuat sebuah blog? Pertanyaan seperti ini mungkin akan mucul bagi kita yang masih baru dengan dunia perbloggeran. Termasuk juga saya yang masih tergolong newbie pada dunia maya ini. Langkah pertama yang harus kita lakukan yang tentunya melakukan posting pada blog tersebut. Alangkah lucunya kalau blog kita tidak ada isinya apa-apa. Blog yang baik tentunya berisi artikel yang baik pula, dalam arti isinya berkualitas, bermanfaat bagi pembacanya, beritanya up to date dan yang tidak kalah tentunya keasliannya. Kita diharapkan tidak menjadi seorang plagiat yang hanya copy paste artikel blog/website milik orang lain.

Tetapi masalah berikutnya apakah hanya dengan posting artikel saja sudah cukup? Tenyata itupun belum cukup. Banyak cara-cara dan tips-tips yang dapat kita lakukan agar artikel yang kita posting bisa dibaca orang. Agar bisa berguna dan dibaca oleh banyak orang maka yang yang harus kita lakukan adalah bagaimana agar mudah mudah dicari pada mesin pencarian semisal Google. Dalam hal ini kita berupaya agar blog kita cepat terindeks oleh google. 

Berikut ini salah satu tips yang dapat kita lakukan untuk mempercepat index Google yaitu dengan cara mendaftarkan sitemap pada Webmaster milik Google.

  • Anda harus memiliki akun Google terlebih dahulu. Yang belum punya berarti harus mendaftar dulu.
  • Buka Webmaster Google pada alamat berikut:  http://www.google.com/webmasters/.
  • Terus "masuk ke alat webmaster".
  • Setelah itu maka akan masuk ke beranda. Pada bagian ini akan muncul alamat blog yang telah kita miliki jika sudah pernah didaftarkan. Jika belum maka silahkan klik "Tambahkan Situs" untuk mendaftarkan blog Anda.Kita bisa mendaftarkan blog yang kita miliki lebih dari satu.
  • Setelah terdaftar maka klik alamat blog yang akan kita kelola pada halaman tersebut. Klik "Konfigurasi Situs" --> "Peta Situs" pada bagian kiri halaman.
  • Klik "Tambahkan/Uji Peta Situs" untuk mulai menambahkan sitemap. Maka akan muncul form pengisian sitemap. Silahkan isi sebagai berikut:

  1. atom.xml
  2. rss.xml
  3. feeds/posts/default
  4. feeds/posts/default?alt=rss
  • Pengisian dilakukan 4 kali berturut-turut seperti langkah di atas. Setiap kali mengisi kita kirim dengan klik "Mengirim Peta Situs" kemudian refresh halaman untuk melanjutkan berikutnya.
  • Jika pengiriman berhasil maka akan muncul pada halaman tersebut jika kita refresh halaman.
  • Langkah selesai. Anda bisa melakukan langkah yang sama untuk alamat blog yang lain.

Cara tersebut di atas salah satu cara kita untuk meningkatkan traffik pengunjung blog kita. Namun demikian yang paling utama agar blog kita banyak pengunjungnya adalah dengan meningkatkan kualitas posting kita. Semoga bermanfaat.

Previous
Prev Post
Next
Next Post
nurhamim86
nurhamim86 A Mathematics Teacher who also likes the IT world.

2 comments for "Cara Submit Sitemap/Peta Situs Blog Anda pada Webmaster Google"

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. wah makasih banget loh udah berbagi ilmunyaa! have a nice day!!
    mampir website kampus aku yukk walisongo.ac.id

    ReplyDelete