Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara melindungi Postingan Kita dari Copy Paste Ilegal

Sudah kita ketahui bersama bahwa menghormati karya orang lain adalah hal yang wajib kita lakukan dimanapun, termasuk juga di dunia maya. Oleh karena itu sebagai orang yang menghormati karya orang lain kita dilarang untuk mencopy paste karya orang lain dengan tanpa izin. Kita disebut plagiat jika melakukan itu. Minimal jika kita mengcopy artikel/karya orang lain harus juga menampilkan link dari artikel yang kita salin.

Untuk menanggulangi tindak plagiat tersebut di atas, maka kebanyakan para blogger menggunakan beberapa trik. Salah satunya yang paling sering dilakukan adalah dengan menonaktifkan fungsi klik kanan, sehingga tidak bisa melakukan copy. Namun cara ini terlihat sadis, dan terkesan pelit dengan ilmu yang kita miliki.

Salah satu cara yang mungkin lebih manusiawi adalah dengan menampilkan link kita secara otomatis setiap kali artikel kita dicopy oleh orang lain. Dengan begitu kita masih bisa berbagi pengetahuan yang kita miliki tanpa kita harus rugi. Tapi yang jelas ikhlas lebih penting jika kita ingin berbagi pengetahuan. Berikut ini caranya:

  1. Pertama login dan masuk ke dashboard. Masuk pada "Tema" --> "Edit HTML".
  2. Carilah </head> pada kode tersebut. Cara paling mudah dengan pencarian Ctrl + F.
  3. Letakkan kode berikut tepat di atas kode di atas:
  4. <script type="text/javascript">if(document.location.protocol=='http:'){ var Tynt=Tynt||[];Tynt.push('cyal-MHJ0r4BOBacwqm_6r');Tynt.i={"ap":"Read more:"}; (function(){var s=document.createElement('script');s.async="async";s.type="text/javascript";s.src='http://tcr.tynt.com/ti.js';var h=document.getElementsByTagName('script')[0];h.parentNode.insertBefore(s,h);})();}</script>
  5. Kemudian simpan.

Setelah disimpan, jika setiap kali kita mengcopy artikel pada blog kita maka akan muncul pula link blog kita pada bagian akhir artikel.

Demikian tips dari saya semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Previous
Prev Post
Next
Next Post
nurhamim86
nurhamim86 A Mathematics Teacher who also likes the IT world.

Post a Comment for "Cara melindungi Postingan Kita dari Copy Paste Ilegal"