Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara memproteksi range tertentu pada MS Excel

Jika Anda memiliki data isian Excel yang penting dan takut jika para pengguna dapat mengubah, menghapus atau menambahkan data tersebut maka cara yang paling mudah adalah dengan menambahkan proteksi pada data tersebut. Kita dapat menambahkan password pada sheet tertentu sehingga orang lain tidak dapat mengedit data tersebut. Namun jika data tersebut merupakan data isian yang harus diisi oleh orang lain kita tidak dapat memproteksi seluruh sheet. Cara yang paling mudah adalah dengan memproteksi cell atau range tertentu saja sehingga masih ada kemungkinan pengguna lain untuk mengisikan data pada data kita.

Berikut ini langkah-langkah untuk memproteksi cell atau range tertentu pada data Excel 2010.

  1. Andaikan kita menginginkan agar orang lain dapat mengedit range dari A1 sampai A10, maka langkah pertama blok range tersebut kemudian klik kanan ---> Format Cell.
  2. Setelah muncul jendela Format cell, pilih pada tab Protection. Hilangkan tanda centang/ceck pada Locked kemudian OK.
  3. Selanjutnya masuk ke Tab Review dan klik pada Protect Sheet.
  4. Setelah muncul jendela Protect Sheet, isikan password untuk sheet yang akan kita proteksi. Pengisian password dilakukan dua kali kemudian OK. Pada bagian centang/ceck di bawah biarkan default atau bisa diubah sesuai kebutuhan.
  5. Setelah semua proses dilakukan, maka hanya range A1 sampai A10 saja yang bisa kita isi/edit. Sedangkan cell-cell yang lain tidak bisa diedit. Jika kita berusaha mengeditnya, akan muncul pesan "The cell or chart you are trying to change is protected and therefore read-only".
  6. Jika kita ingin mengubahnya tinggal masuk pada tab Review klik Protect Sheet dan isikan password yang sudah kita buat sebelumnya.

Demikian tutorial dari saya, semoga bermanfaat.

Previous
Prev Post
Next
Next Post
nurhamim86
nurhamim86 A Mathematics Teacher who also likes the IT world.

Post a Comment for "Cara memproteksi range tertentu pada MS Excel"