Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Pengaturan Page Layout yang Berbeda pada MS Word

Yang dimaksud dengan pengaturan page layout di sini adalah meliputi pengaturan margin, pengaturan jenis kertas, dan pengaturan orientasi kertas. Adakalanya kita mengetik suatu dokumen word namun dengan format page layout yang berbeda. Misalnya pada halaman 1 kertas berorientasi portrait tetapi pada halaman 2 berorientasi landscape. Tentunya kalau menemukan dokumen yang seperti itu, kita tidak harus bersusah payah dengan membuat dua dokumen yang berbeda. Dengan tutorial yang sangat sederhana ini maka masalah yang kita temui di atas akan teratasi. Oh ya, tutorial ini sebenarnya tidak hanya berlaku pada Office 2010, namun juga bisa diterapkan pada Office 2007 dan 2003.


  • Untuk mengatur page layout pada Word, kita bisa klik pada Tab page layout ---> Margin ---> Custome margins. Bisa dilihat pada gambar berikut.


 

  • Setelah langkah di atas, akan muncul jendela Page setup sebagai berikut. 



  • Kita bisa mengatur margins, orientasi, dan paper. Jika kita ingin menggunakan pengaturan page setup yang berbeda dengan halaman sebelumnya, maka langkah pertama adalah letakkan pointer pada halaman yang akan kita atur page setupnya. kemudian atur margin, orientasi, dan paper seperti biasa. Namun sebelum kita klik OK, terlebih dahulu kita pilih "Apply to" pada bagian bawah. Ada tiga pilihan pengaturan 1) This section dipilih jika pengaturan page setup pada hanya halaman bersangkutaan, 2) This point forward dipilih jika page setup digunakan pada halaman tersebut dan seterusnya, dan 3) Whole dokument dipilih jika page setup digunakan untuk seluruh dokumen.


Demikian tutorialnya. Semoga bermanfaat....
Previous
Prev Post
Next
Next Post
nurhamim86
nurhamim86 A Mathematics Teacher who also likes the IT world.

Post a Comment for "Cara Pengaturan Page Layout yang Berbeda pada MS Word"