Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengaturan Styles pada MS Word untuk Mempermudah Pengetikan


Ada beberapa format penulisan yang harus diatur terlebih dahulu sebelum kita melakukan editing dokumen atau artikel. Salah satu yang kita anggap penting adalah jenis font, ukuran font, perataan pengetikan, spasi penulisan dsb. Namun adakalanya jika kita pertama kali membuka dokumen baru, format yang ada tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Dengan begitu kita akan kerepotan karena setiap kali akan mengetik harus terlebih dahulu melakukan pengaturan ulang.

Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan fasilitas styles yang sudah disediakan oleh MS Word. Dengan menggunakan fasilitas ini maka setiap kali kita mengetik awal, maka format penulisan sudah sesuai dengan yang kita inginkan. Tentunya setelah kita setting terlebih dahulu.

Berikut ini kira-kira cara menggunakannya:

  • Kita harus membuka dokumen baru terlebih.
  • Kemudian kita buka pada tab Home à Styles.

  • Pada style normal, klik kanan kemudian pilih modify, maka akan muncul jendela sebagai berikut.

  • Kita dapat melakukan pengaturan pada jendela tersebut. Format yang bisa kita atur antara lain : jenis font, ukuran font, perataan paragraf, spasi, dll.
  • Jika kita ingin format yang sudah diatur dapat digunakan lagi pada saat kita membuka dokumen baru maka pada bagian bawah kita pilih New documents based on this template.
  • Jika kita menginginkan format lebih lanjut dapat mengakses tombol format pada jendela bagian bawah.
  • Setelah selesai tinggal kita klik OK. 
Setelah kita melakukan langkah-langkah di atas, setiap kali kita membuka dokumen baru maka format yang kita atur tersebut akan berlaku dari awal pengetikan.
Demikian tips dari saya, semoga bemanfaat...

Previous
Prev Post
Next
Next Post
nurhamim86
nurhamim86 A Mathematics Teacher who also likes the IT world.

Post a Comment for "Pengaturan Styles pada MS Word untuk Mempermudah Pengetikan"