Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penggunaan Fungsi Boolean AND dan OR pada Exel


Pada tutorial kali ini saya akan mencoba berbagi pengalaman dalam menggunaan rumus pada Exel. Yaitu dikhususkan pada menggunaan rumus AND dan OR. Rumus memang lebih jarang digunakan dibandingkan rumus SUM, AVERAGE, MAX, MIN, dll. Penggunaan AND dan OR sangat membantu terutama jika kita membuat rumus yang berhubungan dengan logika matematika.

Secara garis besar penggunaan fungsi/rumus AND adalah nilai pernyataan akan TRUE (benar) jika seluruh premis yang kita ajukan adalah benar. Sedangkan pengunaan fungsi or adalah nilai pernyataan akan benar jika minimal satu premis yang kita ajukan adalah benar.

Dalam lembar kerja Exel, sintak untuk rumus AND dan OR adalah sebagai berikut:
AND

=AND(logical1;logical2;logical3;….)

OR

=OR(logical1;logical2;logical3;….)

Hasil dari rumus tersebut adalah TRUE jika benar dan FALSE jika salah. Dalam penggunaannya memang fungsi AND atau OR biasanya tidak berdiri sendiri, tetapi digabung dengan fungsi yang lain semisal IF.

Berikut ini contoh penggunaannya:

=AND(A1>5;B1>5;C1>5)

Rumus di atas maksudnya adalah pernyataan akan bernilai benar (TRUE) jika sel A1, B1, dan C1 semuanya berisi angka yang lebih dari 5. Jika ada salah satu dari sel tersebut yang kurang dari 5 maka penyataannya menjadi salah (FALSE).

=OR(A1>5;B1>5;C1>5)

Rumus di atas maksudnya adalah pernyataan akan bernilai benar (TRUE) jika sel A1, B1, dan C1 semuanya atau salah satunya berisi angka yang lebih dari 5. Jika semua sel tersebut bernilai kurang dari 5 maka penyataannya menjadi salah (FALSE).

Semoga bermanfaat.
Previous
Prev Post
Next
Next Post
nurhamim86
nurhamim86 A Mathematics Teacher who also likes the IT world.

Post a Comment for "Penggunaan Fungsi Boolean AND dan OR pada Exel"