Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membuat Push Notification di Blogspot

Pada saat kita mengunjungi situs-situs populer, biasanya pada waktu membuka situs tersebut untuk pertama kali akan muncul sebuah jendela kecil yang berisi ajakan untuk berlangganan berita atau post dari situs tersebut. Jendela yang muncul tersebut yang biasa kita sebut dengan push notification. Tetapi sebenarnya push notification banyak juga jenis yang lain.

Tujuan pemasangan push notification tidak lain dan tidak bukan sebenarnya untuk menambah jumlah pengunjung website atau blog. Dengan adanya push notification ini diharapkan banyak pengunjung blog atau website yang berlangganan postingan atau berita yang ada pada situs.

Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menjelaskan bagaimana cara untuk memasang push notifacation pada blogspot.

Cara Pasang Push Notification

1. Pertama masuk dulu ke alamat penyedia layanan pembuatan push notification yang populer, salah satunya adalah di https://onesignal.com/. Tampilan homepage-nya seperti gambar berikut.


 

Ada tiga  layanan yang bisa kita buat pada situs tersebut yaitu mobile push notifikasi, email, dan web push notifakasi. Karena kita akan membuat untuk push notifikasi untuk web maka kita pilih yang ketiga dengan menekan get started.

2. Kita akan masuk pada jendela Sign up, pilih Using Google atau Facebook untuk mempercepat sign up

3. Setelah berhasil sign up maka kita akan langsung masuk pada halaman pembuatan aplikasi. Langkah pertama adalah memberi nama aplikasi push notifikasi yang akan kita buat.

4. Kemudian pada pilihan platform kita pilih web push. Lanjut dengan pencet next.

5. Pada bagian choose integration ada 3 pilihan, kita pilih yang bagian tengah dan pada pilihan di bawahnya pilih Blogger.

6. Pada bagian site setup masukkan nama situs, alamat situs yang akan kita pasang push notifikasi, mengupload icon, dan memilih label. Yang terdapat tanda bintang wajib untuk diisi.

7. Berikutnya pada permission prompt setup klik "Add a Prompt". 

Kemudian pada jendela yang muncul pilih salah satu yang kita inginkan. Contoh tampilannya bisa dilihat pada bagian kanan.

8.Berikutnya pada bagian Advance bisa kita abaikan. Bisa langsung save setting yang kita buat dengan menekan tombol save bagian paling bawah

9. Terakhir tinggal kita copy kode pada blog kita. Letakkan kode tersebut pada kode template antara tag <head> dan </head>. Jangan lupa disimpan.

10. Selesai. Silahkan bisa mengecek hasil kerja Anda.

Bagaimana? Mudah bukan. Semoga bermanfaat

Previous
Prev Post
Next
Next Post
nurhamim86
nurhamim86 A Mathematics Teacher who also likes the IT world.

Post a Comment for "Membuat Push Notification di Blogspot"